Page Nav

HIDE

Gradient Skin

Gradient_Skin

Responsive Ad

Batam dan Bintan mati listrik selama 12 jam, ini penjelasan PLN

Batam dan Bintan mati listrik selama 12 jam, ini penjelasan PLN Suara.id  - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) angkat bicara soal pemadaman ...

Batam dan Bintan mati listrik selama 12 jam, ini penjelasan PLN




Suara.id - PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) angkat bicara soal pemadaman listrik selama 12 jam di wilayah Batam dan Bintan. Hal ini disebabkan cuaca buruk yang terjadi pada malam tahun baru 2023.
Meski sempat terhenti, setelah 12 jam listrik padam, PLN telah memulihkan aliran listrik ke lebih dari 500.000 pelanggan di wilayah Batam dan Bintan.

“Seluruh personel PLN sudah siap siaga dan langsung bergerak cepat melakukan penormalan dan perbaikan infrastruktur yang terganggu akibat cuaca ekstrem di Batam dan Bintan,” kata Direktur Senior PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo menjelaskan kepada CNBC Indonesia, Minggu (1 /1/2023). Untuk itu, PLN terus bekerja sama dengan Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) untuk memantau kemungkinan kondisi cuaca ekstrem berupa hujan lebat disertai petir dan angin kencang di wilayah tersebut, Indonesia dalam beberapa hari mendatang. .

Selain itu, untuk mengantisipasi pemadaman listrik, selama periode Nataru, sejak 19 Desember 2022 hingga 4 Januari 2023, PLN mengerahkan 78.000 pegawai cadangan yang tersebar di seluruh Indonesia agar apabila terjadi pemadaman listrik dapat segera diatasi. Selain itu, PLN juga menyiapkan 3.000 pin cadangan serta 3.110 perangkat pendukung di seluruh unit.

Tak hanya di Batam dan Bintan, kondisi cuaca buruk juga melanda banyak tempat di Indonesia pada malam pergantian tahun, termasuk Semarang. Hujan deras yang mengguyur Semarang menyebabkan banjir di beberapa tempat. "Di Semarang terpantau hujan lebat sehingga mengakibatkan banjir di sejumlah wilayah. PLN langsung gerak cepat mengamankan sebanyak 445 gardu distribusi untuk memastikan keamanan masyarakat," ujar Darmawan.

Untuk itu, Darmawan mengimbau masyarakat agar berhati-hati dalam mengoperasikan jaringan rumah. Apalagi saat banjir melanda, masyarakat harus segera memutus aliran listrik MCB.

"Setelah itu segera hubungi PLN melalui PLN Mobile untuk meminta dipadamkan aliran listriknya sementara waktu. Petugas PLN juga akan berpatroli di wilayah yang tergenang banjir untuk melakukan pengamanan suplai listrik," kata Darmawan.



Reponsive Ads