Mobile Menu

navigasi

More News

Bingung Beli Mobilio Bekas Atau Baru? Mari Bahas Solusinya Di Sini!

20:28

Suara.id
-  Saat Anda bingung memutuskan beli Mobilio bekas atau baru, harga mungkin menjadi alat ukur yang paling baik. Tapi semenjak berlakunya Peraturan Menteri Keuangan No. 20/PMK.010/2021, selisih harga bekas dan baru makin tipis. Jika menambah sedikit saja Anda sudah bisa dapatkan Mobilio gress, tentu banyak orang akan tertarik. Tapi di sisi lain, harga Mobilio bekas bisa lebih hemat walaupun selisihnya sedikit. Pilihan mobil bekas yang jarang dipakai pasti tetap terasa seperti mobil gress.
Karena perbandingan ini, pemilihan antara Mobilio baru dan bekas menjadi lebih membingungkan. Tapi sebagai solusi Anda bisa lihat bahasan pada artikel ini!

Pertimbangkan Situasi dan Keperluan Anda

Hal pertama yang bisa Anda lakukan untuk pertimbangan baik adalah melihat situasi Anda. Mulai dari situasi penggunaan, keperluan, preferensi dan juga kemampuan ekonomi harus diperhatikan. Bisa saja Anda melihat harga Mobilio bekas turun bulan ini dan budget Anda mencukupi. Dalam situasi ini, tidak ada salahnya langsung beli. Tapi saat kondisi budget terbatas dan perbedaan harga mobil bekas dan mobil baru tidak jauh, keputusan tidak hanya sekedar budget. Pertama, bagaimana preferensi Anda. Apakah Anda merasa tidak pede jika pakai mobil bekas? Jika memang tidak pede, tambung lebih lama agar bisa beli Mobilio yang baru.

Kedua, apakah menemukan mobil  bekas yang cocok? Jika Anda sudah menemukan mobil bekas yang umurnya baru 1 tahun digunakan dan bahkan masih dicover garansi, Tidak ada salahnya beli yang ini karena lebih murah. Jika bisa lebih hemat tapi tetap berasa seperti punya mobil baru, pasti Anda juga senang. Faktor pertama dan kedua ini tentu adalah contoh. Tapi faktor selain hal tersebut juga masih banyak. Hal seperti permintaan keluarga untuk lebih hemat bisa mendorong Anda memilih Mobilio bekas. Pastikan cek dulu kondisi dan keperluan Anda sebelum memutuskan beli.

Lihat Kelebihan dan Kekurangan Beli Bekas

Hal berikutnya yang harus dipertimbangkan adalah kekurangan dan kelebihan beli Mobilio bekas. Memang harga beli Mobilio bekas murah adalah salah satu kelebihannya. Tapi bagaimana dengan kekurangannya. Jangan hanya lihat harga Mobilio bekas menarik saja dan langsung memutuskan. Sekarang ada Peraturan Menteri Keuangan No. 20/PMK.010/2021 yang buat perbedaan harga tidak terlalu jauh. Pilihan beli harus dilihat dari kekurangannya juga. Contoh saja Anda tidak mau repot melakukan research mandiri untuk beli bekas. Resiko beli dari pihak yang tidak jelas memang lebih tinggi untuk rugi. Tapi selama Anda mau lebih teliti dan tidak malas cari info, hal ini bisa dihindari.

Tanpa menimbang banyak faktor kelebihan dan kekurangannya, Anda pasti ragu mengambil keputusan. Jadi coba buat list apa saja kelebihan dan kekurangan beli mobil bekas bagi Anda. Setelah itu, bandingkan dengan kelebihan dan kekurangan membeli mobil baru. Jika salah satu list menawarkan lebih banyak kelebihan, barulah Anda memutuskan.

Diskusi dan Konsultasi dengan Banyak Pihak Lain

Cara lain untuk memantapkan hati dalam memilih adalah dengan konsultasi. Mobil sejenis Mobilio biasanya lebih untuk keluarga. Jadi tidak ada salahnya diskusi dengan keluarga untuk memilih beli baru ataupun beli bekas. Walaupun anggota keluarga lain tidak terlalu tahu soal harga ataupun masalah beli mobil, input mereka bisa jadi pertimbangan. Contoh saja saat pertimbangan harga Mobilio bekas. Walaupun pasangan Anda tidak tahu soal harga mobil, mereka bisa tahu soal kondisi keuangan keluarga.


Diskusi soal kemampuan beli, opsi hutang dan menggunakan simpanan khusus untuk beli mobil bisa jadi topic pertimbangan. Beberapa orang terkadang merasa tidak takut hutang untuk beli mobil bekas karena harganya lebih murah. Jadi cicilan hutang tetap kecil dan bisa cepat lunas. Tapi orang seperti ini sering takut hutang untuk mobil baru karena bisa lebih ribet urusannya.

Pemikiran faktor – faktor seperti ini terkadang tidak dipikirkan sendiri. Jika ingin clear, lebih baik diskusikan dengan pihak lain. Anda juga bisa konsultasi pada orang – orang yang berpengalaman soal mobil bekas. Banyak forum seputar pembelian mobil tersedia di Internet. Komunitas seperti ini pasti mau membantu Anda.

Bagaimana menurut Anda soal solusi di atas? Menggunakan teknik di atas, Anda pasti bisa putuskan lebih clear soal keputusan beli. Jangan asal tergoda dengan harga Mobilio bekas yang rendah jika memang tertarik beli yang baru. Pertimbangkan lagi baik – baik agar tidak kecewa setelah melakukan transaksinya!

Komentar 0